Resep Ikan Patin Bakar

Resep Ikan Patin Bakar
Ikan Bakar memang menjadi salah satu makanan idola yang sampe saat ini selalu ketagihan dengan masakan yang satu ini, bagaimana tidak rasanya yang sangat lezat membuat perut serasa bergoyang ingin segera menyantapnya ditambah lagi mencium aromanya yang harum. Biasanya sambil membakar ikan tersebut yang bau harumnya menyebar kesana-kemari membuat lidah udah kaga sabaran lagi, dan langsung mencicipinya, hahaha kadang-kadang belum selesai membakar ikan yang kedua, ikan yang pertama udah hampir habis masuk kedalam mulut ini. hihihi jadi malu.. Nah bagi anda yang mencari tau bagaimana cara membuat ikan bakar kali ini saya akan memberikan resep ikan patin bakar. Berikut langkah-langkah membuatnya.

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan terlebih dahulu:
  • Ikan patin sebanyak 2 ekor beratnya sekitar 800 gram yang sudah dibersihkan
  • Jeruk nipis sebanyak 1/2 sendok makan
  • margarin sebanyak 2 sendok makan
  • Daun Pisang
Bumbu-bumbu yang dihaluskan:
  • Bawang merah sebanyak 8 butir
  • Bawang putih sebanyak 2 siung
  • Cabai merah keriting sebanyak 5 buah
  • Cabai merah besar 1 buah
  • Asam jawa sebanyak 1 sendok teh
  • Garam sebanyak 3/4 sendok teh
  • Gula pasir sebanyak 1 sendok teh
Berikut ini langkah-langkah untuk mengolah ikan patin bakar:
  • Ikan patin yang sudah dipersiapkan tadi dibelah punggung namun tidak putus. Setelah itu lumuri dengan air jeruk nipis. Kemudian diamkan selama 10 menit supaya air perasan jeruk tadi meresap.
  • Aduk-aduk bumbu halus dengan margarin sampai tercampur rata.
  • Oleskan bumbu halus ke ikan yang sudah dilumuri air jeruk tadi. .  Lalu bungkus dengan daun pisang. 
  • Masukkan kedalam Oven dengan suhu 170 DerajatCelsius selama kurang lebih 60 menit sambil diolesi dengan sisa-sisa bumbu halus sampai dirasa ikan sudah matang dan tercium aroma harum yang menggoda.
  • Ikan siap untuk dihidangkan untuk 2 porsi
Untuk resep ikan bakar kali ini memang sedikit berbeda dengan cara membakar ikan sebelumnya yang membakar secara langsung dengan bara arang.  Namun jika dibakar dengan menggunakan bara arang maka akan terasa lebih sedap namun agak repot dikit sih. 

Selama mencoba resep ikan patin bakar dan siap-siap untuk segera mencicipinya... hehehehehe saya nulis resep ini aja sambil terus neguk air liur karena kebayang ikan yang berbau harum dan lezat tersebut.

Resep Ikan Bakar Lezat dan Enak Lainnya :

Resep Ikan Patin Bakar

3 komentar:

Tommy Mulya mengatakan...

apa gak salah tuh 60 menit di oven???

miara-ikan mengatakan...

nice blog,, lanjutkan..

rahmatriyanto.com mengatakan...

iya, kayaknya terlalu lama kalo 60 menit di oven , saya sedang nyari resep masakan ikan yang yahud, pengin banget buka warung makan dengan menu ikan ikan

Poskan Komentar